DETAIL INFORMASI
LSP UPN “Veteran” Yogyakarta Adakan Uji Kompetensi Gratis Bagi Mahasiswa :: dipost pada 27 September 2020
smile

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta menyelenggarakan uji kompetensi pada tanggal 24 – 25 September 2020. Salah satu sertifikasi kompetensi yang ditawarkan adalah Tenaga Pemasar Professional yang diperuntukan bagi Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi. Uji kompetensi tersebut dilaksanakan secara luring di Laboratorium Pemasaran Jurusan Ekonomi Manajemen dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada. Peserta berjumlah 40 orang yang berasal dari angkatan tahun 2016-2018 yang telah memenuhi berkas persyaratan dengan tanpa dipungut biaya sepeser pun. Terdapat dua jenis ujian yang harus dilalui, yaitu ujian tertulis berupa essay dan ujian lisan. Asesor yang bertugas adalah Dr. Dyah Sugandini, S.E., M.Si dan Danang Yudhiantoro, S.E., M.Si yang berasal dari Jurusan Ekonomi Manajemen UPN “Veteran” Yogyakarta. Bagi peserta yang lulus akan mendapatkan sertifikat kompetensi yang dapat digunakan oleh lulusan sebagai SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) dan akan bernilai untuk mencari lapangan pekerjaan.  

 

Dr. Meilan Sugiharto, S.Sos., M.Si Ketua LSP UPN “Veteran” Yogyakarta mengungkapkan bila uji kompetensi kali ini dilaksanakan secara gratis dari dana hibah BNSP. Total peserta 440 mahasiswa mencakup 11 skema dengan jumlah asesor sebanyak 22 orang  yang merupakan dosen tetap UPNVY.

 

 “Saya berharap program ini  dapat membantu mahasiswa ketika lulus nanti, selain ijazah ada sertifikat kompetensi yang sesuai dengan bidangnya sehingga mempermudah mereka untuk bersaing di dunia kerja. Selain itu, uji kompetensi kali ini membantu meningkatkan citra UPNVY melalui lulusan yang kompeten di bidangnya sesuai sasaran strategis  Rektor UPNVY di tahun 2020, ” ujarnya ketika diwawancarai secara online.

 

Ia menambahkan tantangan dunia kerja yang semakin berat menuntut mahasiswa tidak hanya unggul dalam kemampuan  akademik namun juga memiliki sertifikat kompetensi untuk menghadapi persaingan yang ada. Sertifikat kompetensi juga akan bermanfaat bagi mahasiwa untuk mendapat pekerjaan yang sesuai dengan bidang kompetensi dalam sertifikat tersebut. Selain sertifikasi Tenaga Pemasar Profesional LSP Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarata juga menyediakan sertifikasi System Analyst, Public Relation Officer, Officer General Banking, General Supervisor Health and Savety, Konsultan Pendamping UMKM, Kualifikasi 5 Bidang Pertanian Organik, Perancangan Produk dan Proses Produksi, Tekniki Akuntansi Pratama, Teknisi Akuntansi Madya dan Teknisi Akuntansi Ahli.

 

Ulfa Awanda Rohmah selaku salah satu peserta mengatakan bahwa ia merasa beruntung bisa mengikuti uji kompetensi ini karena dari kurang lebih 70 pendaftar hanya 40 peserta yang lolos. Harapannya ia bisa lulus uji kompetensi ini dan memperoleh sertifikat yang pastinya akan bermanfaat di dunia kerja. Selain mendapat sertfikat peserta uji kompetensi juga dibekali modul yang berisi materi.

 

LSP Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarata Anda dapat mengunjungi : https://lsp.upnyk.ac.id/