DETAIL INFORMASI
WEBINAR NASIONAL UPNVY: KONTRIBUSI MILENIAL DALAM MENYONGSONG ERA NEW NORMAL :: dipost pada 02 Oktober 2020
smile

Sleman – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) mengadakan acara Ecofair (Economic Fair) 2020. Ecofair merupakan bagian dari EWP (Economic Warehouse Project), dimana EWP merupakan program unggulan usungan BEM FEB UPNVY yang bergerak di tiga bidang, di antaranya bidang sosial (dengan acara Eco Care/Economic Care), bidang non akademik (dengan acara Eco Fest/Economic Fest), dan bidang pendidikan (dengan acara Eco Fair/Economic Fair). Kegiatan  Webinar Nasional mengusung tema “Kontribusi Millenials Menyongsong Era New Normal diselenggarakan secara online, pada tanggal 27 September 2020, melalui  media zoom.

Dr. Irhas Effendi, MS selaku Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta menyambut baik terselenggaranya webinar nasional yang diselenggarakan FEB UPNVY. Selain itu Ia menjelaskan tentang generasi milenial, dan kontribusi mahasiswa di era “New Normal”.

“Ada dua peristiwa yang saling beriringan yang mudah-mudahan bisa saling mengisi, yang pertama adalah bergeraknya revolusi industri 4.0 yang bertumpu pada IoT (Internet of Things) yang tentu peran kalian sebagai milenial sangat besar di sini. Lantas apa yang dapat mahasiswa lakukan untuk berkontribusi selama pandemi Covid-19? Kontribusi mahasiswa di bidang kesehatan dapat berupa sosialisasi edukasi protokol kesehatan (melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN), Kerja Praktik, dan Magang) dan bidang ekonomi dan IT dengan menjadi agen perubahan transformasi ekonomi digital”. terang Rektor

Dr. M. Arief Budiman selaku CEO of Petakumpet Creativelab memaparkan materi dengan judul “Resetting the Future”. “Sampailah di tujuan sebelum kau berangkat”, dimana seorang mahasiswa harus mengerti tujuan akhir mereka berkuliah, sebelum menunaikan perkuliahan itu sendiri”, terang Budiman.

“Covid-19 adalah jalan pintas kalau mau naik kelas. Untuk melewatinya, kita perlu kreativitas. Negara-negara maju tidak lebih baik dalam menangani pandemic Covid-19. Kesempatan emas Indonesia bisa menyalip negara-negara maju adalah sekarang. Bukan setelah pandemi ini usai” tutur Dr. M. Arief Budiman.

Dalam kesempatan yang sama, Sindy Setiawati menyampaikan tiga materi antara lain: “Who are you?”;”What is pandemic?”;”What is the relation?”. Beliau menyampaikan bahwa kita sebagai mahasiswa berperan sebagai agent of change, agent of development, dan agent modernization. Kita sebagai generasi milenial pun harus siap terhadap perubahan-perubahan dan dapat memberi dampak positif terhadap lingkungan sekitar kita lewat pengetahuan-pengetahuan yang kita miliki sebagai mahasiswa.

“Manfaatkanlah waktu luang, untuk jadi peluang. Siapa tahu jadi uang” pungkas Sindy Setiawati. Humas