DETAIL INFORMASI
UKM Pramuka UPNVY Peringati HUT ke-30 :: dipost pada 22 Oktober 2020
smile

Sleman-Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka UPN “Veteran” Yogyakarta memperingati hari ulang tahun yang ke-30, pada 17 Mei 2020. Selebrasi dengan pengadaan kemah “Ulang Janji” pun tak dapat digelar mengingat kondisi Pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan adanya kontak fisik dengan banyak orang. Demi tetap menjaga eksistensi, UKM Pramuka UPNVY menggelar “Perayaan HUT UKM Pramuka UPNVY” secara daring pada 24 Oktober 2020 melalui media Zoom meeting. “Perayaan HUT UKM Pramuka UPNVY” dibuka dengan prosesi pemotongan tumpeng pada tanggal 21 Oktober 2020 yang dihadiri oleh Rektor UPNVY (Pak Dr. Irhas Effendi, MS), Pembina UKM Pramuka UPNVY (Pak Hari Kusuma Satria Negara, SE., Macc, AK.), dan beberapa pengurus UKM Pramuka UPNVY. Setelah itu, perayaan dilanjut dengan mengundang perwakilan dari seluruh UKM di UPNVY dan perwakilan dari racana sahabat (UKM Pramuka Universitas lain yang ada di Indonesia) pada acara selebrasi yang diselenggarakan pada Zoom Meeting pada 24 Oktober 2020. Acara selebrasi pun diselenggarakan dengan serangkaian acara penyuguhan video kompilasi dari profil dan kegiatan-kegiatan  UKM Pramuka UPNVY, ucapan selamat ulang tahun dari UKM lain di lingkup UPNVY maupun dari racana sahabat, kuis, sharing session.

 

Dr. Irhas Effendi, MS selaku Rektor UPNVY mengatakan kepada UKM Pramuka UPN “Veteran” Yogyakarta agar selalu menanamkan nilai-nilai bela negara pada setiap kegiatan pramuka. Sebagaimana yang tertuang pada nilai bela negara, bahwa kita harus cinta tanah air. Begitu pula pada Dasa Dharma Pramuka kedua dan ketiga bahwa kalian harus cinta alam dan menjadi seorang patriot yang sopan dan kesatria.

 

Pada kesempatan lain saat diwawancarai secara tatap muka, Hari Kusuma Satria Negara, SE., Macc, AK. selaku pembina UKM Pramuka UPNVY menjelaskan,”Peringatan HUT UKM Pramuka UPNVY pun tidak lepas dari sejarah UKM UPNVY, mulai dari penamaan ambalan Jenderal Sudirman sebagai satuan Pramuka penegak Putra yang diambil dari nama yayasan UPN sewaktu masih berstatus swasta serta penamaan ambalan Cut Nyak Dien sebagai satuan Pramuka penegak Putri. Baik Jenderal Sudirman maupun Cut Nyak Dien merupakan tokoh pahlawan yang perlu kita teladani nilai-nilainya dari bagaimana mereka berani dalam menentang penjajah. Walaupun UKM Pramuka UPNVY sempat vakum dari tahun 2007 hingga 2014, tetap kita perlu mengobarkan semangat di tahun bakti serta mengimplementasikan nilai-nilai dari dasa dharma pramuka”.

Hari menambahkan,”Harapan saya kedepan UKM Pramuka UPN “Veteran” Yogyakarta dapat menyusun program kerja yang selalu menanamkan nilai-nilai dasa dhama pramuka mulai dari taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, patriot yang sopan dan kesatria, disiplin, berani dan setia, serta suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan” pungkasnya.