DETAIL INFORMASI
Dua Tim Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) UPNVY Lolos PIMNAS 2020 :: dipost pada 04 November 2020
smile

Sleman- Dua tim Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta lolos ke ajang  (Pekan Ilmiah Nasional) PIMNAS  2020 yang ke-33. PIMNAS 2020 diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS) Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM). Kegiatan PIMNAS 2020 ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom dan kanal Youtube Pusat Prestasi Nasional pada tanggal 24-29 November 2020.  Kegiatan PIMNAS 2020 ini merupakan kegiatan tahunan yang menjadi ajang bagi mahasiswa se-Indonesia untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menyampaikan karya intelektual pada forum ilmiah. Dua tim dari UPNVY akan bersaing dalam kategori PKM-M (PKM Pengabdian Masyarakat) dan PKM-PE (PKM Penelitian Eksakta).

Berikut judul dari PKM yang lolos PIMNAS ke-33 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (PUSPRENAS) bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada tersebut:

  1. Pemanfaatan Limbah Botol Plastik menjadi Lem Pipa di Desa Sukunan, Sleman, Yogyakarta (Kategori PKM-M), Karya Sinta Nur Senja, Indah Putri Wahyuni, Salsabila Safia Dyaninta, Akmal Baihaqi, dan Muhammad Hanif Ardiyan.
  2. Integrasi Metode Geomagnetik dan Induce Polarization untuk Mengetahui Potensi Endapan Emas di Daerah Randu Kuning, Selogiri, Wonogiri, Jawa Tengah (Kategori PKM-PE) Karya Fauzi Yul Chaidir, Gilvandro Rumahorbo, dan Okta Dwi Puspita.

Tri Wibawa, S.T. , M.T. selaku Pembina PKM Center UPNVY menjelaskan terdapat 15 proposal PKM dari UPNVY yang lolos pendanaan dan terdiri atas 7 proposal PKM-Kewirausahaan (PKM-K), 1 proposal PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), 4 PKM-Pengabdian Masyarakat (PKM-M), 1 PKM-Penelitian Eksakta (PKM-PE) , dan 2 PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T). Sampai  tahap PIMNAS 2020 ke-33 UPNVY mampu meloloskan 2 tim. Kendati demikian, kami berharap banyak kepada dua tim dari UPNVY agar dapat membawa pulang predikat juara dan mengharumkan nama UPNVY pada pagelaran PIMNAS 2020 ini.

Sinta Nur Senja selaku ketua tim dari UPNVY dengan kategori PKM-M menerangkan,”harapan dari saya, semoga dengan adanya kesempatan ini, saya beserta tim dapat memberikan yang terbaik pada saat presentasi daring di acara PIMNAS ke-33 tahun 2020. Mohon doa dan dukungannya semoga lancar dan mendapatkan hasil yang terbaik”.

Pada kesempatan yang sama, Fauzi Yul Chaidir selaku ketua tim dari UPNVY dengan kategori PKM-PE menuturkan,”Harapan saya mudah-mudahan dapat berjalan dengan lancar dari persiapan hingga di hari presentasi dan semoga hasil dari penelitian kami memberikan dampak nyata baik untuk pemerintah dan masyarakat setempat agar dapat memanfaatkan Sumber Daya Alam dengan bijak, serta bermanfaat bagi para peneliti atau mahasiswa yang akan melakukan penelitian lebih lanjut. Dan tidak lupa kami meminta dukungan dan doa kepada seluruh rekan sekalian agar mendapatkan hasil yang terbaik dari ajang PIMNAS ke-33 tahun 2020”. Humas