DETAIL INFORMASI
UPNVY Selenggarakan “PKM Tour to Faculty” :: dipost pada 09 November 2020
smile

Sleman- Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM), PKM Center, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) ISR (Interdisciplinary Scientific Research), bekerja sama dengan BEM Fakultas di UPNVY menyelenggarakan “PKM (Pekan Kreativitas Mahasiswa) Tour to Faculty” secara daring via Zoom. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 1 November 2020 pada lingkup FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), 7 November 2020 pada lingkup FP (Fakultas Pertanian), dan 8 November 2020 pada lingkup Fakultas Teknik Industri (FTI). Kegiatan ini digelar dengan tujuan agar mahasiswa dapat mendapatkan informasi mengenai seluk-beluk dalam PKM dan dapat mempersiapkan diri untuk PKM 2021.

Tri Wibawa, S.T., M.T. selaku Pembina PKM Center UPNVY menjelaskan tentang penentuan topic penelitian PKM. Topik penelitian dibutuhkan kreativitas.

“Cukup amati kondisi di sekitar kita dan pecahkan masalah yang ada di sekitar kita dengan inovasi yang kita buat. Seperti halnya saat kalian nongkrong di angkringan, mungkin orang lain hanya makan-makan saja. Tapi untuk mahasiswa, ubahlah momen sekedar makan-makan menjadi sebuah kreativitas dengan menciptakan kompor bertenaga surya, misalnya kalian meneliti permasalahan bahwa menggunakan kompor arang dapat menimbulkan limbah polusi, sehingga kalian menggagas ide kreativitas penciptaan kompor bertenaga surya”. Terang dosen Prodi Teknik Industri.

Tri Wibawa, S.T., M.T. menambahkan dalam penelitian PKM diperlukan kiat-kiat dalam menentukan proposal PKM, seperti menetapkan gagasan kreatif dari berbagai sumber inspirasi, menemukan originalitas dan peluang invensi, judul yang kreatif, menarik, kekinian, dan bombastis, serta susun proposal PKM sesuai dengan pedoman yang berlaku.

“Jangan sampai sudah membuat proposal dengan baik, tetapi tidak lolos hanya karena kesalahan sepele seperti salah menuliskan font penomoran halaman,” terang Tri sapaan akrabnya.

Ia berpesan “Tidak akan pernah ada yang mudah, jika kita selalu berfikir kesulitan” ; ”Tidak akan pernah bisa, jika kita tidak pernah mencoba” ; ”Teruslah mencoba dan jangan bosan belajar, untuk keberhasilan, kesuksesan, dan pribadi yang tangguh. Humas