DETAIL INFORMASI
Mahasiswa Teknik Geologi Borong Juara 1, 2 dan 3 Pada Pekan Ilmiah Tahunan (PIT) Perhimagi 2020 :: dipost pada 26 November 2020
smile

Sleman- Perwakilan Mahasiswa Teknik Geologi UPN “Veteran” Yogyakarta berhasil memborong juara 1, 2 dan 3 pada Pekan Ilmiah Tahunan (PIT) Persatuan Himpunan Mahasiswa Geologi Indonesia (Perhimagi) yang diadakan secara daring pada 25 Oktober 2020 dengan tema “Geologi dalam Pembangunan dan Perencanaan Wilayah di Indonesia”.

 

Markus Kusnardijanto, selaku Humas UPN “Veteran” Yogyakarta mengatakan juara 1 diraih oleh Tim Bloodstone, juara 2 diraih oleh tim Pangea UPNYK, dan juara 3 diraih tim Pangea pada kategori National Poster Competition.

 

Markus menambahkan Tim Bloodstone yang meraih juara 1 beranggotakan Dirga Wahyuzar, Hendry Wirandoko, dan Muhammad Haidarhandig merupakan mahasiswa Teknik Geologi angkatan 2018, dengan judul “Ada Apa dengan Gumuk Pasirku Sekarang. Tim Pangea UPNYK meraih juara 2 beranggotakan Anggita Mahyudani Rangkuti, Favian Avila Restiko, dan Nur Alif Yusuf yang merupakan mahasiswa Teknik Geologi angkatan 2017, dengan judul judul “Old Volcanic Geothermal System (OVGS) In Arjosari Subdistrict Pacitan Regency, East Java Province, Indonesia Based On Surface and Subsurface Data”. Sedangkan Tim Pangea yang meraih juara 3 beranggotakan  Muhammad Nur Jati Setiawan, Devon Sena T., dan Abel Amandeus Tios yang merupakan mahasiswa Teknik Geologi angkatan 2017, dengan mengangkat judul “Kajian Geologi dan Stabilitas Lereng dalam Pembangunan dan Pengembangan Perumahan Sederhana: Bukit Pandhawa, Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta”.

 

Dirga Wahyuzar selaku perwakilan Tim Bloodstone yang meraih juara 1 menyatakan pemilihan judul tersebut dilatar belakangi keadaan gumuk pasir di Parangtritis yang sudah banyak mengalami kerusakan bentuk dan ketinggian akibat banyaknya vegetasi serta permukiman di wilayah sekitar.

 

“Berdasarkan literatur dan penelitian yang kami lakukan, gumuk pasir dapat menjadi penahan tsunami jika ketinggian dan bentuknya masih dalam keadaan yang baik. Kami juga berpendapat bahwa gumuk pasir dapat menjadi penahan banjir rob. Berdasarkan wawancara dengan masyarakat sekitar diketahui daerah tersebut pernah mengalami banjir rob” ujar Dirga.

 

Anggita Mahyudani Rangkuti selaku perwakilan dari Tim Pangea yang meraih juara 2 mengatakan

berdasarkan literatur, Daerah Jawa Timur memiliki potensi panas bumi sekitar 1024 MW dengan manifestasi panas bumi seperti mata air panas. Salah satunya adalah objek wisata air hangat Tirta Husada di Daerah Karangrejo, Kec.Argosari, Pacitan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui terdapat potensi panas bumi di daerah tersebut, didukung oleh batuan terubah sebagai indikasi. Selain itu, ada struktur geologi berupa sesar dengan orientasi kelurusan NW-SE, serta terdapat beberapa tipe alterasi seperti Alterasi Argilik, Propili, Advance Argilik, dan Silisifikasi (silisik).

 

Muhammad Nur Jati Setiawan selaku tim pangea yang meraih juara 3 menjelaskan pengupasan lereng dapat beresiko longsor yang membahayakan perumahan. Dengan menggunakan pendekatan metode Markland 1972, didapat 5 lereng yang berpotensi terjadi gerakan massa tipe wedge dan sliding. Solusi dari masalah tersebut adalah dengan melakukan pencoran dan penyemenan pada titik rawan lereng tersebut.

 

“Dari kajian itu kita dapat mengetahui jenis longsoran, arah longsoran dan keamanan lerengnya seperti apa. Menggunakan metode pendekatan markland karena batuan area kami berupa batu pasir formasi nanggulan yang terintrusi batuan beku berupa diorite. Data dari metode markland yang kami gunakan yaitu bidang diskontinuitas (kekar, sesar), besar kemiringan lereng, dan sudut geser dalam yang didapat dari uji geologi teknik.” terang Muhammad Nur Jati Setiawan secara online.

 

Di sisi lain, mereka berpesan agar setiap mahasiswa mengembangkan diri lebih jauh lagi dan berani untuk berkompetisi di luar kampus UPN. Jika hanya di dalam kampus dan berkuliah  saja maka kita tidak akan tahu bagaimana persaingan dan kemampuan mahasiswa lain. Selain itu, kita perlu membuat target dalam segala hal. Contohnya dalam perkuliahan, jangan hanya sekedar kuliah, tetapi gali kemampuan akademik maupun non akademik, seperti belajar berorganisasi, membuat suatu karya penelitian yang berguna untuk orang banyak, dan tentunya berprestasi dalam perkuliahan.

 

PIT Perhimagi Regional Jawa Bagian Barat yang terdiri dari HMTG GEOI Unpak, HMG KALDERA UI, HMG Unpad,  HMTG Usakti, HMTG GEA ITB pada tahun ini dipercaya untuk menjadi pelaksana dengan lokasi lomba yang berpusat di Universitas Pakuan. Rangkain kegiatan terdiri dari Webinar Nasional, National Poster Competition, dan Musyawarah Nasional. Humas