DETAIL INFORMASI
MAHASISWA UPNVY , SABET JUARA 1 PADA AJANG LOMBA KEON UNY 2020 :: dipost pada 07 Desember 2020
smile

Sleman- Tim Gasteroid yang beranggotakan Makmur Lienjeriski Manik mahasiswa dari Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Industri dan Mahendra Syahroni Berutu mahasiswa dari Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian UPN "Veteran" Yogyakarta berhasil meraih juara 1 pada ajang lomba Kompetisi Esai Online Nasional (KEON) yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). KEON mengangkat tema "Mewujudkan Semangat Gotong Royong di Masa Pandemi Covid-19 guna Mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045" dilaksanakan dari tanggal 22 September-12 November 2020 secara daring.

 

Makmur Lienjeriski Manik sebagai ketua tim Gasteroid menerangkan judul esai yang mereka lombakan, “”TGAR” sebagai Konsep Pendidikan Karakter Berbasis Sinergi Masyarakat” berangkat dari subtema pendidikan dimana tim menawarkan ide-ide yang tertuang dalam esai berupa upaya mendorong pendidikan karakter generasi muda. Upaya untuk mendorong pendidikan karakter dituang dalam konsep semi formal aplikatif dengan memanfaatkan tayangan edukatif, game inovatif, form kejujuran dan rapot karakter. Dengan adanya sistem yang ditawarkan, pendidikan karakter tidak lagi menjadi tanggung jawab guru semata di sekolah, melainkan tanggung jawab bersama. Berbasis sinergi masyarakat yang dimaksudkan dalam esai yaitu elemen-elemen masyarakat menjadi poros pembentukan karakter. kolaborasi dilakukan guna saling mendorong dalam mencapai target yang diharapkan.

 

Ia menambahkan, semoga hasil karya lomba ini dapat terimplementasi di Indonesia mengingat pendidikan merupakan sektor fundamental bangsa. Dan semoga mahasiswa-mahasiswa di UPN “Veteran” Yogyakarta walaupun terhalang pandemi, bisa tetap terus berkarya menuangkan ide kreatif dalam bentuk apapun,” Tambah  Makmur Lienjeriski Manik. Humas