DETAIL INFORMASI
KSR PMI UNIT III UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN YOGYAKARTA GELAR WEBINAR MENGATASI BENCANA DI TENGAH PANDEMI :: dipost pada 08 Desember 2020
smile

Sleman – KORPS  SUKARELA (KSR) PALANG MERAH INDONESIA (PMI) Unit III UPN Veteran Yogyakarta menggelar webinar, 28 November 2020.  Tema Webinar yaitu “Mengatasi Bencana di Tengah Pandemi”. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari acara DIES NATALIS KE 62 UPN “VETERAN YOGYAKARTA. Kegiatan ini dilaksanakan  mengutamakan  protokol kesehatan dimana pemateri dan audien tidak bertatap muka secara langsung. Materi webinar ini disampaikan oleh pengurus Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY yaitu  Bapak Mahujud Shosita Hady, M.Si. dan pengurus PMI DIY Bapak Arif Rianto Budi Nugroho, ST., M.Si. yang juga merupakan tenaga pengajar di UPN Veteran Yogykarta serta alumni KSR PMI Unit III.

 

Arif Rianto Budi Nugroho, ST., M.Si.  selaku pengurus PMI DIY mengatakan  kegiatan webinar yang diadakan KSR PMI Unit III ini tidak hanya dihadiri oleh peserta yang berdomisili di kota Yogyakarta, namun juga dimeriahkan oleh peserta dari wilayah lain di seluruh Indonesia. Mengingat tema yang diusung dalam webinar ini adalah kebencanaan sehingga tidak hanya mahasiswa saja yang bisa berpartisipasi dalam acara ini,  namun juga masyarakat umum.

 

Ia menambahkan tema mengatasi bencana di tengah pandemi diambil karena meskipun di era pandemi, tidak mengubah kenyataan bahwa Indonesia merupakan negara rawan bencana dimana masyarakatnya tetap harus waspada dan memahami bagaimana harus bertindak jika terjadi suatu bencana untuk mengurangi dampak yang timbul dari suatu bencana namun tidak mengesampingkan protokol kesehatan yang sedang diterapkan. Dalam webinar ini disampaikan materi apa yang harus masyarakat awam lakukan ketika terjadi bencana di sekitarnya dan langkah apa yang bisa diambil agar terhindar dari bencana yang mengancam di sekitarnya. Selain materi kebencanaan, dijelaskan juga sekilas materi kepalangmerahan serta langkah-langkah yang sedang dilakukan BPBD dan PMI dalam mengatasi bencana gunung berapi di era pandemi yang saat ini sedang terjadi di DIY namun tetap mengindahkan peraturan peraturan protokol kesehatan.

 

“Dengan diadakannya webinar kebencanaan oleh KSR PMI Unit III UPN Veteran Yogyakarta ini, diharapkan dapat meningkatkan kontribusi masyarakat dalam upaya mengatasi bencana alam yang terjadi di sekitarnya serta bisa meningkatkan minat masyarakat untuk mempelajari lebih lanjut tentang dasar kebencanaan dan pertolongan pertama.” Terang Arif.

 

Hamka Satria mahasiswa jurusan Teknik Informatika selaku Komandan KSR PMI Unit III yang hadir untuk memberikan sambutan juga menuturkan “Semoga webinar ini menjadi langkah yang baik untuk KSR PMI Unit III yang lebih inovatif dan berguna bagi orang banyak. Selain itu, bisa tetap eksis dan aktif berkontribusi dalam kegiatan di dalam lingkungan kampus UPNVY maupun di lingkup PMI” jelasnya didampingi Wakil Komandan KSR PMI Unit III, Meiliani Vika Diantari mahasiswa jurusan Akuntansi.

 

Ia menambahkan Korps Suka Rela (KSR) Unit III Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta (UPNVY) bertekad mencetak relawan-relawan tangguh yang siap diterjunkan dalam medan serta kondisi apapun Selama ini KSR bergerak di bawah naungan PMI sebagai organisasi perhimpunan nasional di tanah air yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. Humas