DETAIL INFORMASI
MAHASISWA TEKNIK KIMIA UPNVY TEMUKAN INOVASI UNTUK MENGATASI LIMBAH RUMAH POTONG AYAM :: dipost pada 11 Desember 2020
smile

Sleman- Mahasiswa-mahasiswa Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik Industri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) menemukan inovasi untuk mengatasi limbah rumah potong ayam. Inovasi ini dirancang oleh tim AFI yang beranggotakan Firda Ellysa (Teknik Kimia 2018) dan Dwi Nur Afni (Teknik Kimia 2018). Tujuan dari inovasi ini yaitu untuk mengatasi limbah rumah potong ayam dan mengolahnya menjadi sumber energi terbarukan sebagaimana kebutuhan akan listrik semakin meningkat di kemudian hari akibat pertumbuhan penduduk di Indonesia yang terus meningkat.

 

Firda Ellysa sebagai ketua tim menjelaskan mengenai penelitiannya, penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya faktor pertumbuhan penduduk yang terus meningkat, yang berimiplikasi pada konsumsi energi di Indonesia yang juga meningkat. Bersamaan dengan konsumsi energi, sumber energi di Indonesia sebanyak 86% masih berasal dari sumber daya alam tidak terbarukan, sementara sumber energi terbarukan masih berada pada tingkat 14% (berdasarkan sumber Dewan Energi Nasional). Sehingga diperlukan alternatif sumber daya energi terbarukan, dan salah satu inovasi yang peneliti gagas yaitu Microbial Fuel Cell diambil dari substrat limbah rumah ayam potong yang dapat menghasilkan energi listrik melalui metabolisme mikroba.

 

Pengurus Divisi Sumber Daya Manusia UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) ECDC (English Conversation and Discussion Club) 2020 itu berpesan,”Semoga kedepannya inovasi dan penelitian di UPNVY dapat terus berlanjut dan lebih baik lagi serta utamanya semoga hasil penelitian dapat diaplikasikan untuk membantu masyarakat secara umum”. Humas