DETAIL INFORMASI
MAHASISWA TEKNIK PERMINYAKAN SABET JUARA 3 OIL RIG DESIGN COMPETITION OCEANO 2020 :: dipost pada 15 Desember 2020
smile

Sleman- Tim Mahasiwa Teknik Perminyakan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta berhasil meraih juara 3 Oil Rig Design Competition (ORDC) dalam OCEANO 2020 Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya yang digelar secara daring pada 21 November 2020. Kelompok yang bernamakan Gladiator Team ini beranggotakan Gilang Muhammad Farrel, Yovi Dwinata Pranajaya, Fardhan Naufal Akbar, Umi Kalsum, dan Anindya Tiaradevianti, merupakan mahasiswa Teknik Perminyakan angkatan 2018.

 

Gilang Muhammad Farrel selaku ketua tim menyatakan ORDC pada tahun ini mengangkat tema “Optimize Technology For Developing Offshore Oil Field Project To Achieve Future Energy Demand” yang menantang setiap partisipan agar mengombinasikan pegetahuan dan inovasi untuk mendesain rig off shore yang aman dan efisien. Kompetisi ini juga diikuti oleh beberapa perguruan tinggi di Indonesia yaitu Universitas Indonesia, Universitas Trisakti,  PEM Akamigas Cepu, STT Migas Balikpapan, dan ITS Surabaya. Proses seleksi diawali dengan project report, setelah itu tim yang lolos diharuskan untuk membuat video kreasi desain rig offshore yang nantinya akan dipresentasikan di depan juri. Aspek penilaian pada kompetisi ini meliputi inovasi desain, kecocokan dengan case yang diberikan, pemahaman desain, dan termasuk tanya jawab saat presentasi.

 

Gilang menambahkan Gladiator team dari UPNVYK membawakan desain yang diberi nama “Gladiator Semi-Submersible Rig”. Desain ini memiliki beberapa kelebihan pada perhitungan dan paper, menunjukan rig yang dihasilkan lebih murah, stabil, dan aman daripada rig konvensional biasa. Program CTC ini berfungsi untuk mempersiapkan mahasiswa Teknik Perminyakan agar dapat bersaing dalam perlombaan.

 

“Motivasi saya mengikuti kompetisi ini untuk mengembangkan diri dan membanggakan nama Universitas Pembanguna Nasional “Veteran” Yogyakarta terutama nama Teknik Perminyakan. Harapan saya mahasiswa lainnya juga dapat aktif dalam perlombaan yang sesuai dengan keahliannya supaya dapat membanggakan universitas dan jurusan masing-masing. Mungkin juga pihak kampus dapat memberi reward bagi mahasiswa yang berhasil menjuarai kompetisi tertentu agar semakin semangat untuk berkarya” tambah Gilang saat diwawancarai secara online.

 

Untuk dimengerti Oceano sendiri merupakan kompetisi tahunan yang diadakan oleh Fakultas Teknik Kelautan ITS Surabaya. Kegiatannya meliputi photography competition, paper competition, dan oil rig design competition yang dilaksanakan secara daring akibat covid-19. Humas