DETAIL INFORMASI
Rayakan Ultah, PSM “VOCALISTA PARADISSO “ UPNVY Bagi Sembako Untuk Pemulung :: dipost pada 04 Januari 2021
smile

SLEMAN - PSM “Vocalista Paradisso” UPN Veteran Yoyakarta (UPNVY) membagi 86 paket sembako untuk anggota  Komunitas Pemulung Makaryo Adi Ngayogyokarto (Mardiko) TPST Piyungan Bantul sebagai bentuk perayaan ulang tahun ke-27. Sebelumnya, kelompok paduan suara kebanggaan UPNVY tersebut telah melakukan penggalangan dana pada tanggal 14 – 25 Desember 2020. Uang yang telah terkumpul kemudian distribusikan dalam bentuk sembako.

 

Dalam penggalangan dana tersebut PSM “Vocalista Paradisso” menyelenggarakan acara dengan menggelar games dan bincang alumni secara live streaming. Akhir acara, donasi terkumpul sebanyak Rp 2,6 juta yang didistribusikan dalam bentuk sembako.

 

Maryono, ketua komunitas pemulung mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan yang diberikan dan membantu mencukupi kebutuhan mereka. Ia berharap agar rekan-rekannya sesama pemulung dapat diberdayakan dalam pengelolaan sampah di TPST Piyungan.

 

Keberadaan komunitas Pemulung MARDIKO secara tidak langsung ikut membantu mengurangi sampah di TPST Piyungan Bantul dengan memilah kemudian menjual ke pengepul.

 

Selama pandemi ini ternyata tidak hanya memberikan dampak secara ekonomi namun juga menurunnya pasokan sampah. Dilansir dari Tribunnews sampah masuk yang seharinya mencapai 600 ton, selama corona melanda ini menurun hingga menyisakan kurang lebih 400 ton di pembuangan akhir.

 

Menurunnya jumlah pasokan sampah juga mempengaruhi pendapatan para pemulung. Penurunan ini kata Maryono disebabkan merosotnya harga beli deretan komoditas yang ditawarkan oleh pemulung.

 

Oleh sebab itu, di tengah situasi yang semakin tak menentu ini, bantuan dari PSM  “Vocalista Paradisso”  UPNVY sangat membantu untuk meringankan beban sosial dan ekonomi para pemulung, yang secara nyata terdampak gejolak wabah corona. (wwj/humas)