DETAIL INFORMASI
MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN UPNVY, RAIH JUARA 3 PADA AJANG LOMBA VERDE :: dipost pada 21 Januari 2021
smile

Sleman- Mahasiswa-mahasiswa dari Program Studi Agroteknologi dan Program Studi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) berhasil meraih juara 3 pada ajang lomba VERDE (Veteran Research Development) 2020 yang diselenggarakan oleh BEM KM (Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa) UPNVY. VERDE 2020 yang mengangkat tema “Kebudayaan Literasi” dilaksanakan dari tanggal 23 November – 27 Desember 2020 secara daring via Zoom. Bersaing dengan subtema “Penggunaan Platform Digital sebagai Sarana Pengembangan Minat Literasi”, tim KARSA yang beranggotakan Aprilian Tri Sulistyo dan Nurul Nisaa Darmawan berhasil meraih predikat juara III.

 

Aprilian Tri Sulistyo sebagai ketua tim KARSA menerangkan judul esai yang mereka lombakan, ”Peningkatan Literasi Mahasiswa dengan Budaya Membaca, Menulis, dan Berdiskusi melalui Aplikasi “KARSA: Karya Anak Bangsa” berangkat dari subtema “Penggunaan Platform Digital sebagai Sarana Pengembangan Minat Literasi” sehingga tim terpikir ide untuk membuat aplikasi literasi untuk mahasiswa agar lebih efektif dan efisien, dibandingkan hanya dengan membuat fitur di sosial media yang sudah ada (seperti di Instagram). Yang membedakan KARSA dengan yang lain, selain baca dan tulis, juga menghadirkan fitur diskusi sehingga tidak melunturkan aspek audio visual yang kini digemari anak muda, terkhususnya mahasiswa.

Aprilian Tri Sulistyo berpesan,”Semoga aplikasi KARSA dapat diwujudkan dan terealisasi, sehingga harapan terbentuknya KARSA yang mewadahi ilmu-ilmu dari latar belakang yang berbeda dan terbentuknya diskusi tidak hanya dari mahasiswa dari jurusan yang sama, tetapi juga mahasiswa dari fakultas yang lain”. Humas