DETAIL INFORMASI
Makmun dan Zula, Mini Series Spesial Wisuda Online :: dipost pada 03 Februari 2021
smile

SLEMAN – Munculnya dua tokoh Makmun Skripsi dan Zula Cumlaude menjadi warna tersendiri pada Wisuda Program Diploma, Sarjana dan Magister Periode ke-2 TA 2020/2021 di UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) yang diselenggarakan, Senin (1/2/2021). Kisah keduanya yang mewakili pengalaman mahasiswa saat menjalani penyusunan skripsi, patah hati hingga lulus sidang mengena bagi para wisudawan.

Cerita berawal dari salah satu tokoh yaitu Makmun Skripsi yang sedang menrima telfon dari sang ibu yang memintanya agar segera menyelesaikan skripsi. Makmun adalah seorang mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun proposal skripsi.  Ia berusaha dengan keras mencari permasalahan untuk materi penelitian skripsinya agar lekas lulus. Tuntutan untuk segera menyelesaikan studi tidak hanya dari sang ibu namun juga kekasihnya. Untuk itu ia berusaha dengan giat menyusun skripsi meskipun terkadang mengalami kendala.

Tokoh lainnya, Zula Cumlaude, kawan satu kost Makmun merupakan mahasiswa yang baru lulus dengan masa studi 7 tahun. Berbeda dengan Makmun, ia menjalani kehidupannya dengan santai.

“Cerita ini sengaja diangkat dan ditampilkan saat wisuda karena merupakan pengalaman sebagian besar wisudawan.” Kata Eko Purnomo, Kabag Akademik.

Susahnya mencari judul, permasalahan skripsi, susah bertemu dosen pembimbing hingga patah hati merupakan tema-tema yang dekat dengan wisudawan.

Cerita dikemas dengan ditambah bumbu komedi menghasilkan kesan bagi wisudawan. Tidak hanya mengikuti prosesi secara resmi dan sakral, namun para wisudawan disuguhi dengan cerita yang menarik.

Eko menyadari apa yang dilakukan oleh tim untuk memberikan pengalaman wisuda secara online masih belum sempurna. Diakui, wisuda online belum bisa menggantika eufora wisuda luring sebagai momentum perayaaan kelulusan. Meskipun demikian ia akan berusaha untuk memberikan kenangan menarik bagi para wisudawan. (wwj/humas)