DETAIL INFORMASI
UPN Veteran Yogyakarta Gelar Workshop PKM 2021 :: dipost pada 10 Februari 2021
smile

Sleman- Menggagas persiapan PKM (Pekan Kreativitas Mahasiswa) 2021, PKM Center UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) ISR (Interdisciplinary Scientific Research) UPNVY (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta) akan mengadakan serangkaian kegiatan dengan tema “Sukseksan Gerakan 666 Proposal”. Serangkaian kegiatan yang ditujukan untuk menginformasikan bahwa PKM Center telah menjadi pusat fasilitator serta wadah dalam pelaksanaan PKM di lingkungan Kampus UPNVY. Serangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara daring tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 10-27 Februari 2021 serta terdiri atas kegiatan: workshop dosen (11 Februari 2021), resosialisasi PKM 2021 untuk mahasiswa (11 Februari 2021), input internal PKM, gathering mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi angkatan 2019 dan penerima beasiswa KIPK angkatan 2020 (10 Februari 2021), review proposal (20-22 Februari 2021), revisi internal (15-25 Februari 2021), upload data ke web Simbelmawa (20-25 Februari 2021), validasi pendamping (26 Februari 2021), dan diakhiri dengan kegiatan validasi pimpinan (27 Februari 2021).

 

Dr. Ir. Singgih Saptono, M.T. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, menuturkan bahwa PKM menjadi ajang untuk memompa kreativitas mahasiswa dalam mengamati dan mengabdi pada lingkungan sekitar (kategori PKM-PM (Pengabdian Masyarakat), berwirausaha (kategori PKM-K (Kewirausahaan)), bidang penelitian eksakta maupun non-eksakta, dsb. Diperlukan kontribusi dari berbagai belah pihak civitas akademika untuk meramaikan perhelatan PKM setiap tahunnya. Kami mohon untuk para Dekan Fakultas dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama untuk dapat menginformasikan kepada dosen dan mahasiswa mengenai program PKM Center sehingga nantinya para mahasiswa dapat mengikuti seluruh timeline kegiatan yang telah disusun oleh PKM Center UKM ISR UPNVY

 

“Teruntuk para mahasiswa jangan pernah berhenti berusaha untuk menggapai tujuan. Sekalipun gagal, setidaknya pengalaman akan menjadi guru terbaik” pesan Dr. Ir. Singgih Saptono, M.T.

 

Japung  selaku ketua PKM Center UPN “Veteran” Yogyakarta mengatakan PKM merupakan salah satu program yang diadakan oleh Direktorat  Jenderal  Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Pendidikan  dan Kebudayaan  dalam  rangka  mewadahi dan mewujudkan ide  kreatif mahasiswa di  Indonesia. Program Kreativitas Mahasiswa ini juga merupakan salah satu implementasi dari Tridharma Perguruan Tinggi. Melalui PKM ini diharapkan mahasiswa dapat berinovasi dalam berbagai bidang untuk membentuk karakter dan keterampilan berpikir serta bertindak mahasiswa. 

 

Ia menambahkan pada tahun 2019, UPN "Veteran" Yogyakarta berhasil mengirimkan proposal sebanyak 178 ke Belmawa. Ia menambahkan dari 178 proposal, 15  proposal lolos pendanaan dan 2 proposal berjuang hingga menuju PIMNAS. Hal tersebut tidak sebanding dengan banyaknya jumlah mahasiswa di kampus kita. Padahal banyak mahasiswa yang berpotensi dan mampu bersaing di ajang PIMNAS. Berangkat dari latar belakang tersebut, maka pada tahun 2021 ini UPN "Veteran" Yogyakarta khususnya PKM Center berkeinginan untuk mengadakan "GERAKAN 666 PROPOSAL PKM MENUJU PIMNAS" guna meningkatkan prestasi bagi mahasiswa dan mengharumkan nama kampus bela negara di ajang bergengsi tingkat perguruan tinggi ini. PKM Center  diprakarsai oleh UKM Interdisiplinary Scientific Research (ISR) sebagai pusat koordinasi mengenai PKM di UPN "Veteran" Yogyakarta. PKM Center ini memberikan kesempatan mahasiswa untuk konsultasi mengenai PKM dan nantinya akan bekerjasama dengan bagian kemahasiswaan untuk  mengatur  jalannya  kegiatan-kegiatan terkait PKM dari sosialisasi PKM, seleksi internal sebelum diinput ke simbelmawa, kemudian membantu dalam proses input proposal, dan mendampingi hingga PIMNAS.

 

“Saat ini  kegiatan PKM di UPN "Veteran" Yogyakarta sedang dalam tahap input internal yakni penyeleksian proposal-proposal PKM sebelum di Input ke Simbelmawa. Nantinya, seluruh proposal yang telah melalui tahap input internal akan difasilitasi input ke Simbelmawa. Bila teman-teman ingin menyusun PKM tapi masih mengalami kebingungan atau kurang informasi bisa langsung mengunjungi official account Instagram PKM Center @isrupnvyk,  karena disana telah memuat berbagai informasi mengenai PKM,” terang Japunk. /Humas