DETAIL INFORMASI
UPN VETERAN YOGYAKARTA MENDUKUNG PROGRAM PKMI YANG DI GELAR KEMENDIKBUD :: dipost pada 11 Februari 2021
smile

Sleman- UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan  UPN “Veteran” Yogyakarta  mendukung Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI) yang di selenggarakan oleh  Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Tujuan program ini yaitu untuk mewujudkan mahasiswa berwirausaha untuk Indonesia maju 2045 dan dapat membangun kesadaran, motivasi serta kepercayaan diri pada mahasiswa dalam berwirausaha sehingga dapat membentuk lulusan yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan.  PKMI yang sedianya akan sejalan dengan pengimplementasian MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang telah dicanangkan oleh Kemedikbud, ditujukan kepada mahasiswa aktif jenjang sarjana yang terdaftar di PD-DIKTI pada saat pengusulan oleh Perguruan Tinggi. Adapun PKMI akan dilaksanakan dari bulan Februari-November 2021, dengan periode pengusulan usaha yang akan diseleksi untuk menjadi peserta dimulai dari tanggal 8 Februari-26 Maret 2021 melalui tautan https://sim-pkmi.kemdikbud.go.id.

Dr. Ir. Singgih Saptono, M.T. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerja Sama menyatakan  bahwa PKMI merupakan salah satu pintu para civitas akademika di UPN “Veteran” Yogyakarta dalam mengimplementasikan ilmu dan mengabdi pada masyarakat, sehingga nantinya dapat menjadi wirausahawan yang dapat membuka lapangan pekerjaan. Program PKMI menitikberatkan pada orientasi ide, proses dan hasil usaha sehingga dapat mengembangkan mahasiswa sebagai wirausaha baru yang kreatif dan inovatif.

“Teruntuk civitas akademika terkhususnya mahasiswa/mahasiswi UPN “Veteran” Yogyakarta, untuk selalu memperkaya ide-ide, manfaatkan peluang, kembangkan usaha kalian, dan raih sukses kalian. Karena demi mewujudkan Indonesia maju 2045, diperlukan mahasiswa berwirausaha yang kreatif dan bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya. Dan salah satu cara untuk mencapainya yaitu dengan mengikuti PKMI (Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia”, pungkas Dr. Ir. Singgih Saptono, M.T.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar PKMI dapat mengunduh panduan PKMI melalui tautan https://sim-pkmi.kemdikbud.go.id/portal/wp-content/uploads/2021/02/Panduan-PKMI-2021.pdf  / Humas