DETAIL INFORMASI
LPPM UPN VETERAN YOGYAKARTA GANDENG KERJASAMA DINAS PARIWISATA KABUPATEN BANTUL :: dipost pada 19 Februari 2021
smile

Bantul- LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) kembali menjalin kerja sama dengan Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Bantul dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka pengembangan sumber daya pariwisata Kabupaten Bantul. Penanda tanganan dilakukan secara daring pada tanggal 30 Desember 2020 dengan masa berlaku kerja sama selama tiga tahun, terhitung dari tanggal 30 Desember 2020. Penanda tanganan dilakukan oleh Kwintarto Heru Prabowo (Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul) selaku Pihak Pertama dan Dr. Hendro Widjanarko, MM (Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta) sebagai Pihak Kedua. Sebagaimana yang telah disebutkan, Perjanjian Kerja sama merujuk pada pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka pengembangan sumber daya pariwisata Kabupaten Bantul, yang termasuk dalam Perjanjian Kerja sama ini adalah peningkatan dan pengembangan potensi sumber daya daerah Kabupaten Bantul melalui kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

 

Dr. Hendro Widjanarko, MM selaku Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta menjelaskan bahwa kerja sama antara kedua belah pihak meliputi pengembangan kapasitas sumber daya manusia, kelembagaan, dan ekonomi kreatif, pengembangan destinasi pariwisata, dan pengembangan pemasaran pariwisata. Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor penting dalam ekonomi kreatif. Pariwisata pun tidak lepas dari “menjual” pesona destinasi wisata, diperlukan pengembangan pemasaran dari suatu destinasi wisata. Faktor sumber daya manusia pun berperan penting dalam industri pariwisata, sehingga dibutuhkan pengembangan kapasitas sumber daya manusia dan kelembagaan. Oleh karena itu, dari pihak LPPM UPNVY melakukan pendampingan pelatihan bidang pariwisata, memberi dukungan dalam pengembangan destinasi pariwisata, dan memberikan dukungan dalam pemasaran pariwisata di Kabupaten Bantul.

 

 “Terima kasih kepada Pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul yang telah mengizinkan LPPM UPNVY untuk mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu dengan melakukan pengabdian masyarakat di Kabupaten Bantul. Semoga dengan adanya kerja sama ini kapasitas sumber daya manusia penunjang pariwisata dapat meningkat, dan tentunya teruntuk objek wisata di Kabupaten Bantul dapat terekspos akibat adanya dukungan dalam pemasaran pariwisata, yang nantinya berimplikasi pada peningkatan ekonomi di ekonomi kreatif”, pungkas Dr. Hendro Widjanarko, MM. /Humas