DETAIL INFORMASI
UPN VETERAN YOGYAKARTA DUKUNG PROGRAM PERMATA MERDEKA :: dipost pada 22 Februari 2021
smile

Sleman- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) di awal tahun 2020 telah mengeluarkan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang mana salah satu kebijakannya yaitu mengadakan hak belajar 3 semester di luar program studi. Untuk menginisiasi kebijakan tersebut, Dikti (Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi) Kemdikbud melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan menyelenggarakan PERMATA-SAKTI (Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara-Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi). PERMATA-SAKTI ini digagas dengan maksud sebagai bagian dari upaya dalam penambahan atau penguatan kompetensi dan wawasan mahasiswa yang diperoleh dari pertukaran mahasiswa melalui kerja sama antara perguruan tinggi di Indonesia. Bagi mahasiswa/i UPNVY yang berminat untuk mengikuti PERMATA-SAKTI, pendaftaran dibuka hingga tanggal 25 Februari 2021 di https://bit.ly/permata_merdeka_upnveteranyogyakarta.

 

Dr. Ir., Singgih Saptono, M.T. selaku Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama mendukung terlaksananya program PERMATA MERDEKA ini. Beliau menyebutkan bahwa penting bagi seorang mahasiswa untuk dapat memperkaya khasanah ilmu, baik dari program studi yang sedang ditempuh, ataupun dari latar belakang program studi yang berbeda. Pembelajaran pada program studi lain dapat mempersiapkan mahasiswa di dunia pekerjaan kelak yang tidak hanya homogen pada program studi yang sedang ditekuni. Tidak hanya ilmu, mahasiswa yang melakukan program pertukaran mahasiswa dapat mempelajari budaya pada Perguruan Tinggi yang disinggahi sehingga dapat menumbuhkan rasa cinta budaya dan tanah air. Untuk dapat mengikuti program ini, syaratnya yaitu: seorang mahasiswa aktif UPNVY yang telah menginjak semester 4 ke atas dan memiliki IPK>2,75.

 

“Tidak ada habis-habisnya saya mengingatkan untuk seluruh mahasiswa-mahasiswi aktif di UPNVY untuk terus aktif menimba ilmu di kampus tercinta (UPNVY) dan menambah skill-skill lain guna persiapan diri di dunia kerja kelak. Namun, tidak menutup kemungkinan kalian (mahasiswa UPNVY) hanya menimba ilmu di UPNVY saja, kalian kini dapat menimba ilmu di Perguruan Tinggi lain yang terdaftar di PERMATA-MERDEKA. Manfaatkan kesempatan yang ada dan jadilah mahasiswa berkapasitas, demi mewujudkan Indonesia maju 2045” tutup Dr. Ir., Singgih Saptono, M.T.

Panduan Mahasiswa untuk Pendaftaran PERMATA-MERDEKA:

  1. Mahasiswa mendaftar dan melakukan pembuatan akun Mahasiswa Permata Merdeka ke http://bit.ly/permata_merdeka_upnveteranyogyakarta.
  2. Setelah mengisi lengkap dan submit form, tunggu Admin kami melakukan validasi pendaftaran Anda. Jangan lupa untuk menggunakan e-mail Mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta.
  3. Mahasiswa login ke portal PERMATA MERDEKA. Kemudian menyusun KRS dan berkonsultasi dengan KPS/Dosen wali terkait mata kuliah yang telah dipilih. Jika tidak mendapat persetujuan dari KPS/Dosen Wali, mahasiswa dapat mengubah pilihan Mata Kuliah dan diajukan kembali.
  4. Jika pendaftaran berhasil disetujui, Anda akan menerima e-mail informasi akses untuk login ke portal PERMATA MERDEKA (permatamerdeka.ulm.ac.id).
  5. Setelah disetujui oleh KPS/Dosen Wali dan Admin, mahasiswa sudah bisa mengikuti PERMATA MERDEKA.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi e-mail mursito@upnyk.ac.od dan nomer telepon 0856-2877-133, serta kunjungi laman permatamerdeka.ulm.ac.id. /Humas