DETAIL INFORMASI
UPN VETERAN YOGYAKARTA GELAR SEMINAR TIPS DAN TRIK LULUS INTERVIEW KERJA :: dipost pada 15 Februari 2021
smile

Sleman- Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) UPNVY mengadakan Webinar “Tips dan Trik LULUS Interview Offline dan Online Kerja”. Webinar yang dilaksanakan secara daring melalui Google Meet pada tanggal 14 Februari 2021 ini turut mengundang pembicara DLM. S. J., Desha S (Praktisi Corporate HR dan Pengembangan SDM). Interview kerja menjadi isu penting dalam suatu proses rekruitmen kerja. Terlepas dari pelaksanaan interview yang dilaksanakan secara online atau offline.

 

DLM.S.J, Desha Setiardi, S.E selaku pembicara webinar sekaligus praktisi Corporate HR dan Pengembangan SDM dalam kesempatannya menyampaikan materi mengenai Tips dan Trik Lulus Interview yang diselenggarakan online dan offline. Beliau menjelaskan beberapa faktor yang menjadi penyebab kegagalan seorang kandidat dalam menjalani proses interview, diantaranya: datang terlambat pada saat proses interview, lupa membawa CV maupun dokumen lain yang dibutuhkan, tidak mempelajari dan mengenali profil perusahaan, terlalu dominan atau terlalu pasif dalam proses interview, dan first impression atau kesan pertama yang buruk. Kelima poin ini dapat menjadi senjata maupun senjata makan tuan apabila tidak dipersiapkan terlebih dahulu untuk seorang kandidat pelamar kerja. Untuk mencegah hal pertama mengenai keterlambatan, kandidat perlu untuk hadir di lokasi interview  setidaknya 30 menit sebelumnya, dan apabila interview dilakukan secara online, kandidat perluuntuk mempersiapkan koneksi dan kondisi kerapian ruangan. Hal ketiga mengenai mempelajari dan mengenali profil perusahaan menjadi penting adanya bagi seorang kandidat karena dapat memberikan kesan bahwa kandidat memahami dan mengetahui perusahaan tersebut. Tak lupa, DLM.S.J, Desha Setiardi, S.E pun memberi tips untuk mengatasi hal kelima mengenai first impression yang buruk, yaitu dengan memperhatikam penampilan berupa fisik, kebersiga, menjaga eye contact dengan interviewer, senyuman, tatanan rambut dan berpakaian, serta menjaga sikap selama menjalani proses interview.

 

“HRD umumnya memprioritaskan kandidat yang gemar berorganisasi, berpengalaman magang, dan bekerja paruh waktu (part-time) yang berkorelasi dengan posisi jabatan yang dilamar. Penting bagi kalian untuk membangun personal branding sejak dini dengan menyebutkan pengalaman dalam membangun passion berkaitan dengan posisi yang dilamar” pungkas DLM.S.J, Desha Setiardi, S.E menutup Webinar ‘Tips dan Trik LULUS Interview Offline dan Online Kerja’./Humas